1.2.13

Sex = Aerobik = Jantung Sehat


------------------------------------

Hubungan antara seks dengan kesehatan jantung harus saling berjalan beriringan. Jantung yang sehat dapat membuat seks menjadi lebih baik, tetapi seks yang baik pun memiliki manfaat untuk mempromosikan kesehatan jantung.

Menurut American Heart Association (AHA), seks umumnya aman dilakukan oleh pasien jantung selama mendapatkan persetujuan dokter yang menangani kondisinya. Selama ini AHA mencatat bahwa hanya kurang dari 1 persen kasus serangan jantung akut yang terkait dengan aktivitas seksual.

Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa seks sebenarnya baik untuk kesehatan jantung. Satu studi yang dilakukan tahun 2010 dan diterbitkan dalam American Journal of Cardiology, menemukan bahwa pria yang melakukan seks sedikitnya dua kali seminggu kurang mungkin mengembangkan penyakit jantung dibandingkan dengan pria yang berhubungan seks hanya sekali sebulan.

"Hubungan ini sifatnya dua arah, dimana ketika jantung Anda sehat, Anda dapat melakukan hubungan seks dengan lebih sering. Sedangkan kehidupan seks yang sehat juga dapat mengurangi faktor risiko serangan jantung," terang E. Dean Nukta, MD, ahli kardiologi dari Fairview Hospital di Cleveland.

Seks dapat menyehatkan jantung karena mengerahkan seluruh gerak tubuh seperti saat sedang berolahraga. Seks adalah olahraga aerobik yang baik, dan latihan aerobik diketahui dapat mempromosikan kesehatan jantung.

American College of Sports Medicine mendefinisikan aerobik sebagai salah satu aktivitas yang menggunakan otot-otot besar tubuh secara berirama dan terus menerus, yang Anda lakukan juga ketika berhubungan seks.

Manfaat dari latihan aerobik tidak hanya melindungi jantung, tetapi juga penurunan berat badan dan diabetes. Berikut manfaat gerakan aerobik, dimana seks termasuk di dalamnya, terhadap kesehatan jantung seperti dilansir Everyday Health, Kamis (14/3/2013) antara lain:

1. Menurunkan tekanan darah
Latihan aerobik umumnya baik untuk menurunkan tekanan darah, dan seks itu sendiri dapat memperdalam efek tersebut pada wanita. Orgasme pada wanita merangsang pelepasan hormon oksitosin, yang memiliki efek langsung terhadap penurunan tekanan darah.

2. Mengurangi stres
Ada banyak alasan mengapa orang melakukan hubungan seks, termasuk relaksasi. Mengatasi stres dapat berdampak baik untuk jantung karena hormon stres menyempitkan pembuluh darah dan mempercepat detak jantung, sehingga meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

3. Kesehatan emosional
Seks teratur dapat meningkatkan kesehatan emosional yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa masalah-masalah emosional seperti stres, kemarahan, kecemasan, dan kesepian berkontribusi terhadap risiko serangan jantung, hampir sama seperti efek buruk merokok dan kolesterol tinggi terhadap jantung.

sumber : detikhealth

No comments:

Post a Comment