8.4.15

SUARA HUJAN PUN BERMANFAAT BAGI KESEHATAN, SPIRITUAL DAN SEX

Suara Hujan Bisa Menghilangkan Stres


Al-quran memang  Petunjuk kehidupan, beberapa ayat Al-Quran menyinggung  peran hujan menikahi bumi sehingga lahirlah berbagai potensi kehidupan, tapi lebih dari itu ternyata Suaranya pun bermanfaan bagi kesehatan manusia yg mendengarkannya. Jika hujan yg turun itu diibaratkan wahyu yg diturunkan, maka begitu pula yg mendengarkan wahyu secara seksama akan membawa manfaat yg luar biasa bagi jiwa manusia.

Saat malam ditemani hujan, sering kali yang kita lakukan adalah segera menggulung badan di dalam selimut. Tapi tahukah anda bahwa suara hujan bermanfaat untuk kesehatan otak kita. 
Aroma petrikor (bau tanah basah di hujan pertama) bisa membawa kita ke sebuah atmosfer yang menenangkan. Dan suara rintikan hujan pun ternyata bisa sangat membantu kita untuk menghilangkan stres organ tubuh kita sehingga wajar bisa membuat tidur lebih nyenyak. Seperti yang dilansir oleh naturesoundspa.com, suara rintikan hujan bisa membantu merilekskan pikiran setelah melewati hari yang sangat sibuk dan penuh tekanan. Selain itu, suara rintikan hujan juga bisa menyamarkan suara-suara yang mengganggu atau berisik.
Suara rintikan hujan adalah suara yang sempurna untuk menciptakan suasana yang lebih menenangkan. Suara ini bisa membantu kita untuk rileks dan mengurangi stres dengan menenangkan pikiran dan membuat kita lebih fokus pada suara rintikan hujan yang ritmis. 
Suara rintikan hujan ini disebut-sebut sebagai “white noise”—semacam suara yang bisa menetralkan pikiran. Suara tetesan air hujan yang jatuh titik demi titik terdengar sangat menenangkan dan nyaman di telinga. Atmosfer yang damai dan menenangkan pun bisa langsung terasa ketika kita mendengarkan suara rintikan hujan seperti itu. 
Bagi Anda yang menderita insomnia, Anda bisa coba untuk mendengarkan suara rintikan hujan dari rekaman mp3 (saat hujan tidak turun di malam hari). Ketika mendengarkan suara rintikan hujan yang menenangkan, tubuh kita dengan sendiri secara perlahan-lahan akan masuk ke dalam fase istirahat. Bahkan suara geledek hujan bisa membuat kita merasa lebih hangat dan nyaman di dalam ruangan kita.
Suara rintikan hujan juga terbilang cukup efektif untuk didengarkan saat sedang belajar atau berkonsentrasi. Bahkan di saat mendengar suara hujan, anda melakukan hubungan suami istri lebih optimal.
Sekedar berbagi jika tubuh mengalami stres yang berkepanjangan akan menyebabkan timbulnya penyakit. Beberapa diantaranya adalah:
1.       Sakit kepala
Penyakit yang timbul akibat stres yang pertama adalah sakit kepala. Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang paling sering muncul akibat stres. Saat stress, otak bekerja lebih keras dari biasanya sehingga menyebabkan rasa sakit pada kepala. Sakit kepala sebelah atau migraine merupakan jenis sakit kepala yang terjadi akibat stress.
2.       Kram 
Penyakit yang timbul akibat stres yang kedua adalah kram. Kram terjadi karena saat stress otot-otot tubuh mengalami ketegangan. Selain kram, ketegangan ototo tubuh saat stress juga bisa menyebabkan kaku leher, bahu maupun nyeri punggung.
3.       Jantung
Penyakit yang timbul akibat stres berikutnya adalah penyakit jantung. Ketika sedang stres, jantung akan berdetak lebih kencang dari biasanya. Selain itu, saat stres tubuh mengeluarkan hormon stres yang merupakan racun bagi jantung.
4.       Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu penyakit yang timbul akibat stres. Saat stres, tekanan darah akan meningkat yang menjadi penyebab munculnya tekanan darah tinggi
5.       Stroke
Penyakit yang timbul akibat stres selanjutnya adalah stroke. Stroke bisa terjadi karena adanya penyumbatan aliran darah pada otak. Saat stres, otak memompa darah terlalu cepat yang dapat mengakibatkan tersumbatnya aterosklerosis.
6.       Kanker
Penyakit yang timbul akibat stres yang selanjutnya adalah kanker. Stres merupakan kontibutor utama penyebab kanker. Stres melemahkan system kekebalan tubuh yang secara signifikan menguarngi jumlah sel-sel T dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan kanker. Stres juga dapat mengurangi jumlah sels-sel T baru yang dibuat dan mengurangi jumlah sel-sel darah baru yang diciptakan.
7.       Insomnia
Penyakit yang timbul akibat stres berikutnya adalah insomnia. Insomnia adalah penyakit gangguan tidur. Stes menjadi penyebab utama insomnia. Saat stress, tubuh meningkatkan produksi adrenalin. Adrenalin merupakan zat kimia yang diproduksi otak untuk meningkatkan kewaspadaan dan membuat Anda tetap terjaga. Itulah mengapa saat Anda stress, Anda mengalami insomnia dan sulit untuk tidur.
8.       Ulkus
Penyakit yang timbul akibat stres selanjutnya adalah ulkus. Ulkus adalah penyakit yang menyerang lambung dan menyebabkan kerusakan pada lambung. Stres meningkatkan produksi asam lambung. Peningkatan produksi asam lambung inilah yang menyebabkan munculnya penyakit ulkus. Selain itu, stress juga menyebabkan ketegangan pada otot-otot tubuh sehingga tubuh mengalami kesulitan dalam mencerna makanan.
9.       Rheumatoid Arthritis
Penyakit yang timbul akibat stres berikutnya adalah Rheumatoid Arthritis. Rheumatoid Arthritis merupakan salah satu penyakit auto imun. Rheumatoid Arthritis terjadi karena adanya kesalahan dalam system kekebalan tubuh. Pada rheumatoid arthritis system kekebalan tubuh menjadi salah sasaran dan menyerang sel tubuh sendiri yang mengakibatkan kerusakan jaringan tubuh. 
Stres, ketegangan dan depresi memperparah kondisi ini.
10.   Obesitas
Penyakit yang timbul akibat stres selanjutnya adalah obesitas. Beberapa orang mengkonsumsi makanan secara terus menerus saat stress. Kondisi ini akan menyebabkan tidak terkontrolnya jumlah makanan yang masuk kedalam tubuh yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan secara signifikan atau obesitas.

Jadi tidak ada ruginya jika kita mengurangi tingkat stres dengan cara-cara sederhana yang efektif seperti terapi suara hujan ini.

No comments:

Post a Comment